Selasa, 10 Mei 2011

Udin sedunia versus Ambo sedunia


DUNIA sekarang memang sudah susah ditebak ya,,, kita tidak tau akan terjadi dalam waktu yang sangat sempit. sahabat tentu sudah tidak asing lagi dengan lagu UDIN SEDUNIA, yang isinya tentang nama-nama yang ada ahkhiran -din nya, dan diterjemahkan dengan gaya yang menarik. nah, beberapa hari yang lalu aku di sms-in temen yang isinya kurang lebih seperti lagu udin. namun, rasanya sms tersebut kurang bersifat global, karena hanya orang bugis saja yang bisa mngerti. sekarang aku akan menambahkan penjelasan dari sms itu, dengan harapan bukan hanya orang bugis saja yang akan mengerti, tapi sahabat sekalian yang tidak mengerti bahasa bugis juga bisa faham ( promosi niyeee. . . hehehe)

mungkin sudah ada yang memasangnya di fb atau blog lain, bunyi sms-nya seperti ini:

Emang cuma udin aja yg sedunia,, di tana bugis ada jg nah,, Ambo jg kali:: AMBO SEDUNIA::Ambo yg tdk pernah jatuh Nmax Ambo Rappe,,Ambo yg tdk pernah sial Namax Ambo Upe, Ambo Yg tdk Pernah Mati Nmax Ambo tuo,,Ambo yg tdk Perna Lancar Nmax Ambo Sakka,,Ambo Yg tdk Tau Turun Nmax Ambo Nai,,Ambo yg sering di Bengkel Nmax Ambo Tang,,Ambo Yg Banyak rezekix Nmax Ambo Dalle .. 

sekarang kita akan uraikan satu persatu (halaaah, emangnya lagi kuliah atau presentasi) (biarin, week , hehehe):

Ambo yang tidak pernah  jatuh namanya Ambo Rappe'

dalam bahasa bugis, Ambo itu berati Bapak. sebenarnya aku sedikit berbeda menafsifkannya (caileee). sejauh pengetahuanku, Rappe berarti Sampai, atau Terdampar dengan selamat. mungkin aku yang salah, tapi seumur hidup sebagai putra bugis, itulah maknanya.
jadi aku rubah versi nihayatuzzin, hehehe, Ambi yang telah sampai namanya Ambo Rappe.

Ambo yang tidak pernah sial Namanya Ambo Upe'

kata  Upe' berasal dari kata Maupe' yang berarti beruntung, jadi ini pas ,, hehehe

Ambo Yang tidak Pernah Mati Namanya Ambo tuo

Kata Tuo berarti Hidup, jadi kalau ingin mengatakan "hidupkan lampu" maka dalam bahasa bugis kita katakan fa tuo i lampu e (sengaja aku penggal, supaya mudah difahami). okay, lanjuuuttt. . . .

Ambo yang tidak Pernah Lancar Namanya Ambo Sakka

kali ini aku sedikit berbeda lagi dengan pengirim sms. Sakka bisa berarti "berbohong" jika dibubuhi awalan ma- menjadi Massakka. namun, okelah, kita pake terjemahan dari sms. namun yang sesuai menurutku adalah Sakkang (tassakkang) , karena itu berarti nyangkutatau tidak lancar. hanya saja, harus aku akui, tidak ada nama orang hugis Ambo Sakkang. mungkin inilah alasannya untuk menggunakan Ambo Sakka. hehehe pisss. lanjuuuttt. . .

Ambo Yang tidak Tau Turun Namanya Ambo Nai'

Nai' dalam bahasa Indonesia berarti Naik. lah berarti emang tidak tau turun toh, hahaha

Ambo yangg sering di Bengkel Namanya Ambo Tang

sahabat kenal kan dengan alat di bengkel satu ini? iya Tang adalah kunci Tang, (waduh, kok ? @#!%&**##??? ) hehehe.


Kunci Tang


dalam bahasa bugis Tang itu berarti kuat, keras. dan, dia juga memiliki makna filosofi yang baik, yaitu sifat yang punya semangat kuat dalam melakukan sesuatu hal yang positif.

Ambo Yang Banyak rezekinya Namanya Ambo Dalle'

Dalle'  dalam bahasa indonesia berarti Rejeki atau Rezki (halah, sama ajaaa. . .) nah tuh pas hehee. . .

sekarang aku akan tambahkan lagi yang belum dimasukkan. banyak sekali orang bugis yang bernama Ambo di awal namanya. berikutnya adalah:

Ambo Lolo

Eitzz, tunggu dulu, jangan cepat cepat menterjemahkan, artinya bukan Ambo (bapak) Bodoh. ga mungkinlah sahabat, orang tua ngasih nama artinya itu. Lolo dalam bahasa indonesia berarti Muda. jadi Ambo Lolo adalah Ambo yang ga pernah tua, hahaha. tambahan; kalau mau bilang kelapa muda alias degan alias dogan, maka sahabat bisa menyebutnya Kaluku (kelapa) lolo (muda).

Ambo Asse'

kalau yang satu ini kita terjemahin ambo yang suka berjudi, kenapa??? Asse' adalah bahasa bugis dari kartu AS (dalam kartu remi yang sering dipake maen judi, bukan As telkomsel ya....)


Karti AS SEKOP

Ambo Intang

Ini dia Ambo yang paling kaya, bayangin aja, dia ga pake megang duit lagi, yang dia punya batu permata intan. intan dalam bahasa bugis bisa disebut Intang.

Ambo Kenni'

kalau ini adalah ambo yang bertubuh kerdil alias kecil. Kenni' diartikan kecil dalam bahasa indonesia.

Ambo Tundru'

Ambo yang satu ini adalah ambo yang paling penurut, karena Tundru' berarti tunduk, patuh, taat.
dan masih banyak lagi sahabat,,,  berikut ini adalah nama-nama orang bugis yang nama depannya Ambo, tapi aku kurang bisa menterjemahkannya seperti diatas. siapa tau ada sahabat blogger yang kebetulan orang bugis juga yang bisa mengartikannya.

Ambo Sau'
Ambo Pangiuk
Ambo Nyallang
Ambo Pappaa
Ambo Gauk
Ambo Lau'
Ambo Endre'
Ambo Nanning
Ambo Dadda'
Ambo Elleng
Ambo Lotong (tapi paling sering adalah untuk nama perempuan, yaitu Besse' Lotong)

sekian dulu ya kuliah bahasa Bugisnya, hehe. . . (wadoh, shame on me. . .)


8 comments:

Edi Kurniawan at: 10 Mei 2011 23.28 mengatakan...

mantap2... salam kreatif...

Rubiyanto Sutrisno at: 10 Mei 2011 23.37 mengatakan...

keren postingannya, ...., kita memang harus melestarikan kebudayaan yang ada di bumi pertiwi ini, dan bahasa adalah salah satunya ....

Nihayatuzzin at: 10 Mei 2011 23.39 mengatakan...

Alhamdulillah, mas ruby, hehehe setuju banget tuh mas,,, itung-itung berbagi, sesuai dengan tema blog ini, hehehe

Ofiq Zaira at: 11 Mei 2011 00.24 mengatakan...

gabung ah....
hehehe

Nihayatuzzin at: 11 Mei 2011 13.11 mengatakan...

iyyek, silahkan sappo. . .

Glen at: 16 Mei 2011 22.12 mengatakan...

Wkwkwkwkw.. mantab nih berasa kayak lagi belajar bahasa Bugis.. :D nice post gan.. :D

Fitri 'A at: 16 Mei 2011 22.54 mengatakan...

awalnya ngga ngerti tapi akhirnya bisa ketwa :D

salam bloofers !

follback ya

Nihayatuzzin at: 16 Mei 2011 23.15 mengatakan...

@Glen,, hehehe iya . . . melestarikan budaya, Berbagi bersama :D

@Fitri A,, salam blofers juga (aku belum ada di daftar bloofers -_- )hiks hiks hiks,,, dah di follow kq mba'. . .hehehe