Rabu, 19 Agustus 2020

Pesan Sang Guru Kepada Salah Satu Muridnya

 

Suatu ketika, pada saat Sang Guru Syekh Mutawalli Asy-Sya'rawi sedang sakit, salah satu muridnya, yaitu Ustadz Au'ni Mohamed, seorang Da'i dari Malaysia, datang menjenguk bersama seorang temannya. Dalam kunjungan tersebut, Sang Guru memberikan pesan kepada Sang Murid:

Suatu saat ketika kamu pulang ke negerimu, kamu sudah belajar bermacam-macam ilmu (Ushuluddin, Syariah, Lughah, Dll) yang bisa kamu peroleh di sini (Al Azhar, Mesir), Namun pada suatu saat kita kembali ke tempat asal, tentu yang ramai datang belajar (di mesir sini) akan mengajar di negeri asal dengan jumlah yang tidak sama (lebih sedikit). Bila kamu pulang mengajar, kamu akan temui dua hal yang akan terjadi: Yang pertama, satu kumpulan akan mengajar sesuai dengan ukuran (dan kepakarannya) masing-masing. Yang kedua, kumpulan ini justru yang paling ramai. Bila kamu pulang (ke negerimu), bukalah Muqaddimah awal kitab Bidayatul Hidayah , karya Imam Al Ghazzali. 

 

Dalam kitab tersebut dikatakan, seseorang yang berilmu, sebelum dia berilmu benar-benar dan sebelum dia mengajar orang lain, samalah seperti Allah Ta'ala mewajibkan kita Zakat. maksudnya adalah, golongan yang kedua yang dimaksud oleh Sang Guru adalah, yang banyak dan ramai akan berbicara di depan orang (Mengajar, mengadakan pengajian, Pen.) adalah orang-orang yang belum atau tidak cukup haul/nisab dalam keilmuannya. 

Sumber : Kuliah Ustadz Auni Mohamed, oleh AKS Studio, Reupload oleh Hazkurie Production, menit ke 09:42 sampai dengan menit ke 13:26

Bisa lihat disini



0 comments: