Senin, 25 Juni 2012

Beberapa Tips Agar Mudah Mendapatkan Pembiayaan di Lembaga Keuangan (Bank)


Sekarang kebanyakan masyarakat menilai bahwa mendapatkan pinjaman di Bank itu mudah, asal ada jaminan. Pendapat mereka tidak bisa dibilang salah, karena mungkin faktor keterbatasan pengetahuan tentang prosedure pembiayaan (kredit) itu sendiri. Atau bahkan ada yang marah-marah karena pengajuan pinjamannya tidak diluluskan padahal agunan yang rencananya di jaminkan Collateral Coverage, bahkan nilainya jauh mencukupi.

Perlu diketahui bahwa seorang marketing akan melakukan Short Study terhadap calon nasabah, yang pada kesimpulannya apakah nasabah layak diberikan pembiayaan atau tidak. Seorang calon nasabah yang mempunyai usaha yang bagus tapi sifat dan pembawaannya kurang bagus, kemungkinan besar permohonannya tidak diluluskan. Atau, seorang calon nasabah memiliki agunan yang nilainya 300 % , misalnya, dari nominal plafond yang diajukan, tetapi tidak punya usaha sama sekali maka, permohonannya pun 98 % akan ditolak (di pembiayaan segmen Mikro).

Analisa yang dilakukan oleh pihak perbankan terhadap calon nasabah biasanya berbeda-beda, tergantung lembaga keuangannya. Ada yang Dual Control ada juga yang hanya dilakukan oleh satu orang saja. Yang Dual Control itu biasanya membagi tugas kepada dua orang, yang pertama tugasnya mencari dan mengumpulkan data serta melakukan riset singkat tentang kelayakan calon nasabah, orang yang kedua melakukan analisa yang lebih dalam terhadap nasabah untuk membuat Nota Analisa Pembiayaan yang akan diajukan ke Komite Pembiayaan.

Kebanyakan nasabah mememinta marketing agar pencairannya dipercepat dengan segala macam alasan dan marketing bisa membantu sesuai dengan job desknya. Namun apakah diluluskan atau tidak, di Komite Pembiayaanlah keputusannya. Melihat banyaknya masyarakat yang memanfaatkan Bank sebagai sarana untuk menambah modal usaha, saya merasa perlu sedikit memberikan tips agar kemungkinan besar pengajuan pembiayaan atau kredit yang sifatnya perorangan bisa diluluskan oleh Komite Pembiayaan, diantaranya:

  1. Memiliki adab dan akhlak yang baik
  2. Memiliki usaha yang berjalan dengan baik minimal 2 tahun
  3. Simpan rapi nota pembelian/penjualan barang
  4. Buatlah catatan sederhana tentang pemasukan dan pengeluaran usaha setiap harinya.
  5. Jangan melakukan Mark-up terhadap laporan keuangan anda.
  6. Memiliki agunan dan mampu membayar angsuran
  7. Memiliki manajemen usaha yang baik.
  8. Tidak masuk dalam daftar hitam BI.
  9. Jangan pernah membiarkan data diri seperti KTP kadaluarsa atau bahkan tidak punya KTP/KK
  10. Bicaralah sesuai keadaan usaha anda, jangan dibesar-besarkan, karena marketing akan mengetahui jika anda berbohong.
  11. Realistis dalam mengajukan nominal pinjaman, sesuai dengan kapasitas usaha
  12. Lebih baik jika pengajuan berkas permohonan pembiayaan di akhir bulan, pada saat bank mulai tutup buku agar pencairannya bisa di awal bulan.
  13. Percayakan berkas anda dengan staff yang ditunjuk.
Catatan: 
  • Collateral Coverage: Agunan/jamiman yang digunakan sesuai dengan nilai pinjaman. Biasanya nilai pinjaman adalah 80% dari nilai agunan.
  • Short Study: Analisa singkat mengenai usaha calon debitur.
  • Komite Pembiayaan: Beberapa orang yang melakukan rapat kecil untuk memutuskan apakah pengajuan pinjaman diterima atau ditolak. Biasanya yang menjadi anggota komite adalah kepala cabang, menejer marketing, dan account officer. hal ini bisa disesuaikan berdasarkan kondisi format organisasi yang ada dalam lembaga keuangan tersebut.

4 comments:

Rubiyanto Sutrisno at: 28 Juni 2012 15.49 mengatakan...

mantap tipsnya..., semoga bermanfaat ....

Kang Harjho 35 at: 3 Juli 2012 13.02 mengatakan...

wah mantep nich... bisa jadi referensi buat yang mau minjam di Bank...

habibi daeng at: 10 Juli 2012 20.00 mengatakan...

Mas Ruby dan Mas Jhoe,, Makasih mas, ini dalam rangka ikut serta dalam edu masyarakat tentang gambaran pembiayaan di lembaga perbankan,, dag telap lewat seminar-seminar, lewat postingan di blog jadilah, hehe

outbound malang outbounddimalang.com at: 18 Juli 2012 08.51 mengatakan...

Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,