Rabu, 27 April 2011

Akulah seorang bangsawan sebenarnya


added from arsipberita.com

                - untuk presiden SBY-

inilah aku, dunia, seorang desa
ayahku kota, ibuku negara
aku keturunan bangsawan bangsa
pakaianku sutera; bendera
namaku Indonesia.

inilah aku, dunia, seorang desa
sendokku cangkul, piringku sawah
aku makan di meja pulau yang mewah
berwajah Yusuf yang gagah,
akulah Indonesia.

inilah aku, dunia, seorang desa
begitu riang air bergelombang
menepuk-menepuk bahuku; ribuan pulau,
kantung-kantung harta paling berharga,
namaku Indonesia.

inilah aku, dunia, sorang desa
selendangku bunga rosin dan kersa
laguku ayat-ayat suci penabur sentosa
tanahku menyimpan banyak emas dan kuarsa,
akulah Indonesia.

inilah aku, dunia, seorang desa
bangsawan ternama yang punya jutaan hektar hutan,
pengusaha kaya, minumanku minyak alam
makananku batu bara,
akulah Indonesia.

inilah aku, dunia, seorang desa
yang lahir dari bejuta galon darah,
yang terlahir dari rahim yang menganga; peluru dan senjata
yang terlahir pertama tiada suara tangis
tapi teriakan merdeka! akulah Indonesia.

inilah aku, dunia, anak negara
seorang desa berbaju bendera merah dan putih.
semoga aku tetap berjaya
jauh dari malapetaka dan dosa,
jauh dari wabah yang telah membudaya,
semoga aku bisa menulis puisi
di atas bangku sekolah yang tidak diperdagangkan.
akulah Indonesia.

aku tak bisa melihat apakah para pahlawan di sana
menyunggingkan senyum syurga karena bahagia,
atau menangis dengan dada teriris-iris
karena jerih payahnya sia-sia saja.
akulah Indonesia.


                   Jambi, Rumah Kemuliaan
                               22 Desember 2008
                               01:07 a.m

0 comments: