Senin, 07 Mei 2012

Si Bubu Jadi Pegawai Bank Sehari


Memang tidak ada yang mustahil di dunia ini. Allah maha kuasa atas segala sesuatu. Contohnya pada hari ini. Kantor tempat saya bekerja yang sehari-harinya berkutat dengan masalah uang, Bank, maksudnya, jadi Zoo Park sehari. Bagaimana Tidak, tadi pagi selepas doa pagi, seekor burung kami temukan di parkiran belakang kantor. Burung Merak jantan atau Peafowl kata orang-orang bule’. dalam bahasa latin Merak kita kenal dengan sebutan Pavo. Sampai sekarang jenis Merak jantan sub-spesiesnya berjumlah 56 jenis yang tersebar di seluruh dunia, contohnya Pavo Muticus Specier yang ada di burma, Pavo Muticus Muticus atau Merak Jawa, atau Pavo Cristacus yang banyak di India.

Pavo Muticus
Maklum bro, saya jurusan Biologi dulu waktu masih SMA, hahaha. Tapi sekarang baru bisa megang langsung tuh Merak. Dulu Cuma ngapalin nama-nama latinnya yang buat lidah keseleo. Tapi yang jadi masalah adalah saya ragu si Bubu (nama pemberian dari salah seorang pegawai BSM) termasuk sub spesies yang mana ya oalnya yang kami temukan tadi pagi dominan warna hijau memang. Masalahnya kalau Merak Jawa bulu lehernya berwarna hijau terang, sedangkan yang ini bulu lehernya berwarna hijau kebiru-biruan campur putih. Apa perkawinan silang dengan merak putih ya??? Kalau Carolus Linneaus - Bapak Ilmu Taksonomi - masih hidup, mungkin saya langsung nanya sama dia saja, hehehe. Tapi yang paling dekat ya pulau jawa, jadi nama keren si Bubu mungkin adalah Pavo Muticus Muticus – Merak Hijau.

Si Bubu - Pavo Muticus Muticus
Kami pun sibuk bertanya di sekitar kantor, burung merak peliharaan siapakah yang lepas dari kandang. Ternyata tidak ada yang mengaku. Atau memang tidak mau mengaku ya??? Hehe soalnya tuh Merak kan salah satu satwa langka yang di lindungi oleh negara. Jadi, jika ketahuan memelihara Merak tanpa seizin lembaga terkait, bisa dipenjara brooo. . .

Fose dengan si Bubu
Karena tidak ada yang mengaku, sudah merasa cukup puas juga menggendong si Bubu, dan kami pun cemas jika kami harus mengurusnya tanpa pengetahuan tentangnya, takutnya nanti malah mati. Kan jadi kasihan nanti. Maka dari itu, kami sepakat memanggil petugas kebun binatang untuk menjemput si Bubu. Nasabah dan karyawan yang lainnya pun berebut menggendong si Bubu untuk yang terakhir kalinya. Bubu, kamu ternyata memang indah sekali dilihat dari dekat. Acara serah terima pun berlangsung singkat dan haru, hiks hiks hiks. . .
Si Bubu dan si Bapak dari Taman Rimba Jambi
Selamat jalan ya Bubu, semoga betah di sana. Kami akan mengunjungimu di sana nanti. . .


10 comments:

Fahmi Setiawan at: 7 Mei 2012 21.37 mengatakan...

wuihh burung merakk....
punya siapa yaa???

hafsari at: 7 Mei 2012 21.41 mengatakan...

Wuih, keren. kapan yach bisa pegang..hehe dulu perna seorang teman tinggal di dekat sebuah tempat wisata yg ada meraknya. tmn lain pada minta bulunya, tp aku diam saja walau dlm hati aku juga pingin. Tapi fikirku, kasihan tuh merak jika diambil bulunya terlalu banyak, paling tidak berkurang satu pengambilan.

Nick Salsabiila at: 7 Mei 2012 22.53 mengatakan...

Hadeuuuhh...namanya bubuuu...kok sayah jadi ingat sama si "syahrini " yak...waakkakakk

habibi daeng at: 8 Mei 2012 19.34 mengatakan...

Fahmi,, Ga tau juga punya siapa. yang jelas itu bukan jenis merak sumatera, kata petugas kebun binatang. Kemungkinan besar punya salah seorang yang kaya, tapi takut mengakui karena bakalan kena jerat hukum.

Hafsari,, bener tuh, jangan dicabutin. kalau memang ada yang terlepas seperti kasus kamarin di kantor saya, gara-gara dia berusaha lari tapi kakinya kami ikat sebelah jadi beberapa helai bulu ekornya yang panjang dan indah itu terlepas. Kami satukan tuh bulu ekornya, dengan sebuah vas bunga, ternyata sangat menarik. ingat, bukan kami cabut sengaja yaaa, hehehe

U-Nickyyy,, hahaha. . . tadi pagi baru saya tanyakan sama si dia yang memberikan nama Bubu, dan ternyata emang ada hubungannya ama Syahrini, deket malah, katanya. . . sepertinya dia nge-fans ama Syahrini ya, hahaha

Uchank at: 12 Mei 2012 14.15 mengatakan...

Haha kirain bubunya syahrini kang :D

tapi kerenlah, belum pernah pegang burung merak ~_~

auraman at: 12 Mei 2012 18.12 mengatakan...

jambul katulistiwa syahrini wakwkawa

habibi daeng at: 12 Mei 2012 18.48 mengatakan...

Uchank,, hahaha ga lah bro, kalau beneran ntar saya bisa jadi seleb juga, huahahaha

mas Aul,, Jiah, hahaha tapi syahrini kayaknya ga pake jambul lagi kata si Bubu hahaha. . . korban gosip noh ketahuan,,, :D

AuL Howler at: 13 Mei 2012 15.04 mengatakan...

cantiknyaeee burung...

Bunglon Blog Indonesia at: 14 Mei 2012 00.19 mengatakan...

salam kenal sahabat...saya mampir kemari menjalin silaturahmi. Keep blogging
(Blogger Jambi)

habibi daeng at: 14 Mei 2012 20.54 mengatakan...

Aul Howler,, iya memang cantik bro, makanya masuk daftar binatang yang dilindungi oleh negara. . .

Blog Bunglon Indonesia,, Salam kenal juga sahabat,, terima kasih dah mau mampir di blog saya yang sangat sederhana ini . . . yupzz keep blogging. . .