Selasa, 17 April 2012

4DX: My Scoreboard


 Beberapa hari yang lalu saya dan seluruh karyawan diberikan training singkat mengenai disiplin eksekusi dalam bekerja. Pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Cabang dengan senyum dan guyonan yang sederhana dan cukup singkat namun, hal itu sudah dapat menggambarkan apa yang dimaksud dengan teori 4DX (Four Discipline Executions) dan penerapannya. 

Sesi Presentasi Scoreboard

Intinya lebih kurang, bahwa 4DX atau kita sebut sebagai empat kiat dalam disiplin eksekusi, yaitu:
  1. Focus in a Wildly Important Goal. Artinya lebih kurang adalah fokus pada tujuan yang paling utama. Wildly Important Goal (WIG) adalah tujuan utama yang paling mendasar. Jika tujual ini gagal dicapai, apa pun bentuk sebuah prestasi lainnya, maka hal itu tidak berarti sama sekali. WIG punya nama lain, sodara, yaitu Lag Measure. J WIG tidak boleh terlalu banyak, karena semakin banyak Tujuan maka semakin sedikit yang bisa dicapai. Cukup ambil sedikit tujuan, dan fokus melaksanakannya.
  2. Act on the Lead Measures. Maksudnya adalah melakukan sebuah komitmen yang bisa membawa kita mencapai WIG atau tujuan utama kita. Lead Measures sifatnya mudah disesuaikan, berbeda dengan WIG yang susah untuk dirubah jika telah ditetapkan. Dia juga cukup susah untuk mengukurnya, kebalikan dari WIG yang sangat musah diukur. Singkat kata, Lead Measures adalah tindakan-tindakan yang membawa kita mencapai tujuan utama.
  3. Keep a Compelling Scoreboard. Maksudnya, kita diharuskan membuat Scoreboard (lebih kepada rencana kerja) yang memiliki nilai motivasi. Karakteristik sebuah Scoreboard adalah: memiliki nilai motivasi, sederhana, bisa di up-date kapan saja, dan bisa dilihat semua karyawan kapan saja. Hal ini harus bisa menjelaskan WIG dan Lead Measure secara simple, dan pencapaian-pencapaian setiap waktu.
  4. Create a Cadence of Accountability. Maksudnya, menciptakan irama akuntabilitas. Dalam periode waktu tertentu, semuanya harus menyepakati hari apa diadakan breafing kecil yang  singkat yang membicarakan tentang perkembangan pencapaian tujuan.
Sebenarnya, bagian yang paling asyik dan cukup melelahkan bagi saya adalah ketika diminta untuk membuat Scoreboard untuk setiap bagian kerja masing-masing. Ini yang mulai buat saya sedikit merasa bego’, karena hal ini berurusan dengan gunting-gunting kertas yang sama sekali saya belum pernah lakukan dan kemudian ditempelkan di papan stereofoam, dan itu pun harus mempunyai filosofi yang sesui dengan teori 4DX yang akan diterapkan setiap hari kerja.

Sibuk Gunting-gunting

Dengan waktu sekitaer 2 jam akhirnya rampung juga Scoreboard untuk saya dan rekan di unit Warung Mikro. Bentuknya mungkin lucu karena latarnya berwarna pink, hahaha. Itu karena nyonya yang minta. Kalau saya mah ikut saya. Syukurnya saya bias menjelaskan filosofi warna pink yang menjadi background scoreboard. Hahaha. Tidak cukup dengan pink, ternyata Si Nyonya menambahkan love-love berwarna merah dua buah. Jadilah Scoreboardnya feminism sekali. Padahal dalam Tim mikro hanya ada satu orang wanita. “Tak apa-apa”, katanya, “kita tampil beda, pink”. Hmmm, jadi ingat lagu dari Jason Mraz: Geek in The Pink (hahaha, kalu kagak dibenerin, ga diubah2 tuh, hehe )Semoga Tim Mikro yang mendapatkan nilai terbaik. Aamiin.

Tim Mikro

Foto Bareng dengan Ka. KCP dan Operational Offiser, serta Tim Marketing

6 comments:

Accilong at: 18 April 2012 16.24 mengatakan...

seumur2 ikut training, yg paling berbekas tuw ttg KSA (knowladge, skill, actitude).

#hubungannya sma discipline executions apa yaks? hahahha

habibi daeng at: 18 April 2012 20.07 mengatakan...

hahaha. . . secara langsung mungkin tidak berhubungan, tapi tetap saja pasti saling mendukung satu sama lainnya. . . :)

BlogS of Hariyanto at: 20 April 2012 10.27 mengatakan...

jadi ingat masa sekolah dulu..tempel sana tempel sini full colour :D
semangat ayo semangat :)

habibi daeng at: 25 April 2012 15.58 mengatakan...

Mas Hariyanto,, iya mas, sampe sampe ada yang bilang kayak anak play group, hahaha. . . tapi betul dah,,, keep spiritttt

Fitrianto at: 1 September 2012 22.41 mengatakan...

Assalamualaikum...Wah ternyata di BSM juga ya...Salam dari saya CS KCP Klaten :)

habibi daeng at: 6 Desember 2013 20.03 mengatakan...

Wa'alaikumsalaam Mas Fitrianto, iya mas, saya juga di BSM. salam juga dari KCP Jelutung :). makasih ya dah mampir di rumahku ini hehe